large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Tatang Muftadi, SE
NIP. 19640911 198308 1 001
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


PERINGATAN HUT KOPERASI KE-70 TINGKAT KOTA CILEGON
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-12-15 -|- 05:08:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

AGAR MAMPU BERSAING, KOPERASI HARUS JADI RETAIL MODERN


Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Kperasi Usaha Mikro dan Kecil (DISKOPUMK KOTA CILEGON) menggelar kegiatan Gebyar Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Koperasi ke-70 tingkat Kota Cilegon di pelataran Krakatau Junction jum'at - minggu (3 - 5 / 11).


Dalam kegiatan itu, dipamerkan berbagai produk hasil UMKM dan Koperasi di berbagai stand yang disediakan panitia. Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati berharap peringatan HUT Koperasi dapat menjadi semangat dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan. "Kita jadikan memontum ini untuk melakukan evaluasi dengan lebih meningkatkan pengertian dan pemahaman serta aktualisasi peran koperasi sebagai landasan dalam memperkokoh kekuatan perekonomian rakyat menuju masyarakat yang sejahtera," katanya.


Oleh karena itu, lanjut Sari, upaya pemberdayaan Koperasi, dan UMKM bukan semata-mata hanya menunaikan kewajiban kontitusional saja, melainkan juga sudah menjadi pilihan dalam mengatasi lengahnya kondisi perekonomian masyarakat." apabila yang terkandung dalam jati diri koperasi dijalankan secara konsisten, saya yakin dapat mendorong kinerja koperasi dalam melayani anggota maupun memberikan kontribusi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas,' ujarnya.


Untuk mewujudkan hal itu, Sari menambahkan, upaya yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan kapasitas kelembagaan melalui pendidikan secara terorganisir, konsisten dan berkelanjutan yang dilakukan dengan sadar menolong diri sendiri dalam rangka mengembangkan organisasi dan usaha koperasi supaya dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya.


Wakil ketua Dewan Koperasi Indonesia wilayah (DEKOPINWIL) Prop. Banten, Amin Parto mengatakn, untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya, koperasi harus mampun bertransformasi menjadi retail modern. Sebab, jika Koperai masih dikelola secara traditional, maka dipastikan akan mengalami kerugian dan kalah dalam persaingan." di Banten kebanyakan konsep koperasinya adalah Bidang WASEDA (warung serba ada) yang masih dikelola secara traditional. harus mampu berubah dari konsep koperasi traditional tersebut menjadi retail modern seperti indomart dan lainnya. jika tidak maka koperasi tidak mampu bersaing dan akan tergerus oleh konsep ekonomi kapital," ujarnya.


Amin menjelaskan , perubahan harus dilakukan oleh setiap koperasi. Perubahan yang dilakukan adalah dari sisi penguasaan tekhnologi serta dilakukan penataan terhadap kondisi warung sehingga seluruh koperasi WASEDA mampu melakukan perlawanan terhadap konsep waralaba Kapital.' dalam reformasi koperasi yang dilakukan oleh kementrian koperasi, koperasi harus dibangun lebih berkualitas, modern serta berbasis IT (Informasi Tekhnologi). Kami punya program memodernisasi WASERBA menjadi modern yaitu, dengan penataan dan IT. ini langkah kami melawan waralaba kapital," jelasnya.


Amin menuturkan , sekarang hanya terdapat 12 koperasi dengan konsep retail modern dari 6000 koperasi yang ada di Prop.Banten. Meskipun hanya 12 saja, namun jumlah koperasi tersebut merupakan peringkat teratas koperasi modern di Indonesia. "Secara jumlah memang memang baru ada 12 koperasi saja yang sudah menjadi ritel modern. Tapi dibandingkan daerah lain Banten yang terbanyak dan mendapatkan peringkat pertama secara nasional, 'tuturnya.


Sementara itu, Kepala Diskop UMK Kota Cilegon Tatang Muhtadi menerangkan, dalam penyelenggaraan peringatan HUT Koperasi, Pemerintah menggandeng pengelola Krakatau Junction yaitu Primkokas (Koperasi Karyawan Krakatau Steel) sebagai salah satu koperasi ritel modern.


Tatang mengungkapkan, Pemerintah juga tengah melakukan berbagai upaya dalam rangka mendorong Koperasi menjadi koperasi sehat sehingga semua koperasi berjalan sesuai dengan ketentuan dan terus melakukan aktifitas perekonomian.


"Kami telah bekerja sama dengan PIWKU (Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UMKM) dan IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Kota Cilegon untuk bersama-sama melakukan pembinaan koperasi baik dari sisi konsep, pemasaran dan permodalan. Supaya seluruh koperasi terus hidup dan sehat,'ungkapnya.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA