large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Tatang Muftadi, SE
NIP. 19640911 198308 1 001
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


SOSIALISASI PENGESAHAN BADAN HUKUM DAN IJIN KOPERASI SIMPAN PINJAM
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-03-27 -|- 10:44:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

SOSIALISASI PENGESAHAN BADAN HUKUM DAN IJIN KOPERASI SIMPAN PINJAM


Sosialisasi pengesahan akta pendirian badan hukum ini adalah untuk mensosialisasikan peraturan menteri koperasi NO.10/M.KUMK/IX/2015 tentang kelembagaan koperasi yang mana sebelumnya pengesahan akta pendirian / badan hukum ini yang semula berpedoman kepada peraturan menteri koperasi NO.1/PER/M.KUMK/2006 tentang petunjuk pengesahan akta pendirian dan perubahan anggaran dasar koperasi. Pengesahan akta pendirian / badan hukum di sahkan oleh Dinas Koperasi atas nama menteri berdasarkan NO.10/M.KUMK/IX/2015 Kementerian  Koperasi dan UKM melalui  tahapan proses penyuluhan. Pengajuan permohonan lampiran persyaratan dengan akta pendirian dibuat oleh notaris serta diproses melalui sistem elektronik dengan aplikasi sistem administrasi badan hukum koperasi.


 


Dengan disosialisasikan pengesahan akta pendirian badan hukum koperasi ini perlu diketahui sebagai pedoman oleh notaris pembuat akta koperasi, pengurus koperasi dan para pendiri koperasi yang baru  membentuk koperasi. Dengan harapan semua pengurus koperasi dan para pendiri koperasi. Dapat mengetahui pengesahan akta pendirian badan hukum koperasi dan perubahan anggaran dasar sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.


 


UU nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dalam pasal 62 huruf C memberikan kemudahan untuk memperkokoh permodalan dan pembinaan koperasi. Dengan dikeluarkannya PP No.9 tahun 1995 tentang pelaksaan kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi serta peraturan menteri koperasi NO.15/PER/K.UMK/IX/2015 sebagaimana telah diubah peraturan menteri  koperasi NO.2/M/KUMK/2017 maka semakin jelas bahwa kegiatan usaha simpan pinjam perlu ditumbuh kembangkan dalam rangka memperluas kesempatan berusaha.


 


Untuk mewujudkan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam menjadi lembaga keuangan yang sehat dan mantap sesuai dengan jati diri dan prinsip kepatuhan terhadap aturan, serta menciptakan pelayanan prima kepada anggota dan calon anggota koperasi lainnya. Di tuntut harus memilih sistem prosedur dalam manajemen operasionalnya  serta ijin usahanya.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA