large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Tatang Muftadi, SE
NIP. 19640911 198308 1 001
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Peringatan Hari Koperasi ke-71 Tingkat Kota Cilegon
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-11-06 -|- 02:15:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

“Peringatan Hari Koperasi ke-71 Tk Kota Cilegon


Dalam memperingati hari koperasi tahun ini, gerakan koperasi Indonesia mengusung tema “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah”.


Beberapa subtema yang diusung pada Hari Koperasi tahun ini adalah :



  1. Koperasi Sebagai Pilar Kekuatan Ekonomi Nasional di Era Digital;

  2. Peran Generasi Muda Koperasi Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial;

  3. Koperasi Menyemai dan merawat kewirausahaan; dan

  4. Membangun Bisnis Sosial Melalui Kewira-koperasian.

    1. Saat ini jumlah koperasi aktif di Kota Cilegon adalah sebanyak 542 Koperasi, dan koperasi yang telah melaksanakan RAT sebanyak 200 Koperasi dengan jumlah anggotanya sebanyak 41.405 orang.

    2. Koperasi-Koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian Daerah. Terutama dalam pembayaran pajak, dan mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

    3. Kondisi Koperasi di Kota Cilegon akan semakin berdaya saing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip koperasi secara konsisten dan mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu diperlukan pula sinergi dan kolaborasi, apalagi setelah diberlakukannya Perwal No. 40 Tahun 2018 tentang gerakan Koperasi sehat di Kota Cilegon. Pemerintah Pusat dan Daerah bersama seluruh stakeholders dalam pemberdayaan koperasi.

    4. Upaya strategis pemberdayaan Koperasi dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM saat ini adalah melalui program Reformasi Total Koperasi yaitu: Rehabilitasi, Reorientasi dan Pengembangan Koperasi.

    5. Pendekatan Pertama Rehabilitasi dimulai dengan pendataan koperasi melalui Online Data System (ODS) di seluruh Indonesia sebagai dasar untuk pembenahan koperasi.

    6. Database Koperasi Indonesia tersebut diharapkan dapat menampilkan kondisi real koperasi aktif, koperasi tidak aktif dan koperasi yang baru berdiri.

    7. Pendekatan yang kedua adalah Reorientasi Koperasi, yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya. Bukan lagi pada kuantitas koperasi, sehingga koperasi beserta para Pembina koperasi baik di pusat, propinsi dan kabupaten/kota mulai menggerakkan pembangunan koperasi yang berkualitas, dari Aspek Kelembagaan, Usaha dan Keuangan yang dindak lanjuti dengan diterbitkannya peraturan Walikota. Cilegon Nomor 40 Tahun 2018 tentang Gerakan Koperasi Sehat.

    8. Pendekatan yang ketiga adalah pengembangan yaitu bagaimana seluruh kebijakan dan program yang dilaksanakan pada setiap level pemerintah difokuskan kepada pengembangan koperasi, kita mengharapkan agar skala usaha koperasi dapat naik kelas dari skala Mikro menjadi kecil, menengah dan besar dengan dukungan jumlah anggota yang besar

    9. Pemerintah Daerah akan terus hadir dan berkomitmen dalam membina koperasi melalui berbagai kebijakan dan program. Kebijakan pemerintah terutama di selenggarakan sebagai upaya untuk menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi. Kebijakan pertumbuhan dan permasyarakatan koperasi merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah agar masyarakat luas memahami gagasan berkoperasi, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran mendirikan dan memanfaatkan koperasi untuk memenuhi kepentingan ekonomi dan sosialnya. Sehubungan dengan itu, maka paling sedikit ada 4 (empat)

    10. Dalam rangka pemberdayaan koperasi dan UMKM, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

    11. Tujuan utama dari aturan tersebut adalah turunnya tarif pajak penghasilan final untuk koperasi yang termasuk dalam kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tariff pajak yang semula dari 1 persen menjadi 0,5 persen. Peraturan Pemerintah yang diluncurkan Presiden ini sekaligus sebagai pengganti atas PP Nomor 46 Tahun 2013, di mana aturan baru ini efektif berlaku mulai tanggal 1 Juli 2018.

    12. Koperasi sebagai organisasi ekonomi rakyat yang berbasiskan anggota kita harapkan mampu mengatasi permasalahan internal yang mereka hadapi, khususnya dalam bidang peningkatan kualitas SDM, kualitas produksi, pemasaran dan permodalannya. Dalam kaitan ini, maka koperasi mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan anggota, agar koperasi mampu mempunyai angota yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan koperasinya. Selain itu, koperasi juga perlu melakukan upaya yang terkait dengan promosi ekonomi anggota dan peningkatan partisipasi anggotanya. Peningkatan partisipasi anggota koperasi tersebut akan terjadi, jika pengurus dan manajemen koperasi dapat mengembangkan program dan kegiatan yang menarik untuk anggota, antara lain dalam bidang organisasi, usaha dan permodalan koperasinya.

    13. Kita berharap agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh Gerakan Koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perananya dalam mendorong pertumbuhan dan pemeratan ekonomi Masyarakat.

    14. Sebelum mengakhiri sambutan ini dalam membangun Pemberdayaan Koperasi dan UMK Pemerintah Daerah untuk Mendorong dan Meningkatkan Pembangunan Koperasi dan UMK dapat dibuktikan dengan adanya berbagai capaian kinerja dalam hal ini Dinas Koperai Usaha Mikro dan kecil Kota Cilegon atas kerjasama dan sinergi dengan DEKOPINDA untuk memberikan dan keberpihakan yang berkesinambungan bagi pembangunan koperasi dan UMK untuk berpacu mengaktualkan komitmennya demi kemajuan dan kemandirian koperasi dan UMK di kota Cilegon

    15. hal ini tidak lepas dari manfaat acara yang mampu memberikan Inspirasi dalam Mengembangkan Kewirausahaan di kota Cilegon. Pelaku Usaha Mikro Kecil industri olahan dan indusri kreatif 3 (Tiga) katagori yaitu kuliner, kerajinan dan garmen fashion.dan UKM diberikan Penganugrahan Entrepreneurs awards kepada pelaku UKM berprestasi di kota cilegon yang akan diberikan pada tanggal 27 Oktober 2018 Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UMK atas diselenggarakannya penilaian. .

    16. Demikian sambutan saya semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi usaha kita ”Dirgahayu Koperasi Ke-71 Tingkat Kota Cilegon Tahun 2018”.



 


harkop2


Plt WaliKota Cilegon Edi Ariadi Meninjau Stand Bazar


 


harkop3


Pengurus Ipemi Cilegon Foto Bersama Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi


 


harkop4


            Plt Walikota CIlegon Edi Ariadi Meresmikan Peringatan Hari Koperasi Ke-71


 


harkop5


Para Peraih Penghargaan Koperasi Terbaik Foto Bersama Plt Walikota Cilegon dan Kepala Dinas Koperasi dan UMK


 


harkop6


Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi Menyerahkan Doorpriza Sepeda didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMK


 


harkop7


Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi Menyerahkan Draf Perwal Perkoperasian kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMK Cilegon Tatang Muftadi


 


harkop8


Kepala Dinas Koperasi dan UMK Cilegon Tatang Muftadi Menandatangani Dokumen Kerjasama dengan Kantor Pos Cilegon


 


harkop9


Ketua TP PKK Cilegon Lili Mufliha Ariadi Foto bersama Plt Walikota Cilegon, Kepala Dinas Koperasi dan UMK Cilegon, dan Panitia


 


 


 


 


 



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA